Digital Camera, Wajib Sertifikasi SDPPI

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini adalah eranya digitizing termasuk produk produk kamerapun lebih populer dengan Digital camera. Pada tahun 1990 jenis kamera digital ini sudah menjadi barang umum dan sudah mulai digunakan oleh masyarakat.

digital camera imageBerdasarkan informasi yang saya dapatkan bahwa mulai akhir tahun 2000 an kamera digital sudah manggantikan eranya kamera film dan kamera digital mulai diintegrasikan ke perangkat telephone cellular bahkan mulai tahun 2010 hampir semua perangkat smartphone sudah terintegrasi dengan yang namanya kamera digital, jadi beneran digitizing kan ?

Kamera digital bukan hanya mampu mengambil gambar saja namun juga mampu menyimpan video (gambar berjalan), sehingga kamera digital bukan hanya sekedar menjadi kebutuhan pelengkap yang digunakan pada saat dibutuhkan saja, namun kini banyak orang / individu ataupun komunitas yang setiap hari berkecimpung dengan yang namanya digital camera.Yang terkesan seolah kamera digital menjadi barang wajib yang setiap hari harus digunakannya dan dibawa kemanapun si pemilik pergi. Era Narsis mode on juga dong 🙂 – LOL –

Orang orang yang memiliki hobby fotografi kini juga semakin menjamur, dan bahkan mereka rela mengeluarkan kocek hingga ratusan juta rupiah untuk membeli sebuah kamera digital dan aksesoris nya, “hal ini saya dengar langsung dari teman yang mulai gila fotografi dia bercerita kepada saya bahwa dia sudah mengeluarkan uang lebih dari 200 juta untuk membeli kamera dan aksesorisnya”. – amazing-

Melihat kenyataan yang ada, para produsen alat/perangkat ini pun tidak tinggal diam, mereka berlomba meningkatkan spesifikasi produk kameranya agar produk dan merek merekalah yang paling banyak digunakan oleh user dan menjadi yang terdepan.

Digital Camera, Wajib Sertifikasi SDPPI

Kini para produsen, banyak yang meng embedded modul WLAN dan modul bluetooth di dalam produknya sehingga produk kamera nya sudah dilengkapi dengan fitu dan support dengan Wi-Fi dan Bluetooth Teknologi, dan bahkan beberapa minggu yang lalu ada juga produsen yang sudah mengintegrasikan modul NFC (Near Field Communication) ke dalam produk kameranya.

Persaingan pasar untuk produk ini semakin ketat, produsen yang kurang kreatif, cepat atau lambat akan di libas dan ditinggal konsumennya.

Anyway…
Karena terdapatnya teknologi WLAN, bluetooth dan NFC pada produk tersebut, maka semuan kamera digital yang memiliki fitur wi-fi dan atau yang memiliki fungsi bluetooth dan atau yang memiliki fungsi NFC masuk dalam kategori perangkat yang wajib sertifikasi dirjen SDPPI. Berdasarkan Regulasi No. 18 tahun 2014 tentang sertifikasi alat dan perangkat telekomunikasi dan dijelaskan pada pasal 2 yaitu bahwa:

setiap alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, dimasukkan untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayah Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis dan berdasarkan izin sesuai ketentuan peraturan perundang undangan

Produsen / Merek kamera digital

Berikut ini beberapa merek yang bisa menjadi referensi anda diantaranya yaitu : Canon, Nikon, Sony, Samsung, Olympus, Fujifilm, panasonic, pentax, leica, Ricoh, JVC, Polaroid, Case logic, Kodak, Casio, HP, Intove, Lowerpro, coleman, precision, Rokinon, Samyang, Sealife, Tamron, Vanguard, Vivitar, Zeikos, Bell Howell dan lain sebagainya.

Demikian ulasan singkat mengenai Camera Digital support W-FI dan Bluetooth, semoga bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini silahkan meninggalkan komentar yang sudah disediakan atau menghubungi saya, melalui  contact page.