Car Navigation System – Wajib Sertifikasi SDPPI

Tentunya anda tidak asing dengan kalimat Car navigation system, karena hampir semua mobil baru yang masuk dan dipasaran di wilayah Indonesia, kini sudah dilengkapi dengan perangkat jenis ini. Dan bahkan informasi terkini teknologi yang di tanamkan kedalam sebuah alat automotive navigation systems makin komplit dan memiliki feature yang support dengan teknologi ke kinian.

Para produsen perangkat ini melengkapi fitur produknya dengan meng embedded teknologi WLAN dan Bluetooth di dalam produk produk mereka itu, sehingga kompetisi terhadap jenis produk ini semakin ketat di niche pasar.

Car Navigation System – Wajib Sertifikasi SDPPI

car navigation systemKarena terdapatnya teknologi Wi-Fi dan bluetooth pada produk tersebut, maka jenis produk ini masuk dalam kategori perangkat yang wajib sertifikasi dirjen SDPPI.

Berdasarkan Regulasi No. 18 tahun 2014 tentang sertifikasi alat dan perangkat telekomunikasi dan dijelaskan pada pasal 2 yaitu bahwa:

setiap alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, dimasukkan untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayah Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis dan berdasarkan izin sesuai ketentuan peraturan perundang undangan

Pengertian Car / Automotive Navigation System


Apa sih car/automotive navigation system itu?  “Kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi sebuah sistem navigasi mobil atau otomotif” yaitu adalah sistem navigasi satelit yang didesain dan dirancang untuk digunakan dalam mobil atau otomotif.

Pada umumnya produk ini menggunakan perangkat navigasi GPS (global positioning system) untuk mendapatkan data posisi. Biasanya pengguna atau user menggunakan system ini untuk menemukan sebuah jalan. Karena unit produk ini dapat memberikan arah ke lokasi atau jalan lain selama jalan dan lokasi tersebut sudah berada dalam database.

Namum demikian karena adanya teknologi tambahan seperti wlan dan bluetooth maka secara otomatis fungsi unit dari produk ini bukan hanya sekedar untuk mengetahui lokasi namun juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima data informasi dan tentunya bisa berinteraksi dengan alat lainnya, sebagai contoh kita bisa menghubungkan unit ini dengan pesawat telephone kita (pairing) untuk memutar lagu melalui bletooth.

Produsen Car Navigation System

Berikut ini produsen car navigation system yang sudah pernah diketahui oleh penulis diantaranya yaitu menggunakan merek: Pioneer, Absolute, Alpine, Bazooka, Boss Audio, Clarion, Dual, Jensen, JVC, Kenwood, Kenwood Excelon, Lanzar, Metra Electronics, Motevo, Nesa, Performance Teknique, Planet Audio, Power Acoustik, Pyle, Sony, SoundStorm, Soundstream, TKO Audio, Tview, Valor, XO Vision.

Dari daftar merek merek tersebut yang sangat familiar ditelinga penulis baru beberapa merek saja seperti: Pioneer, JVC, Kenwood, JVC Kenwood, Alpine, Clarion, Sony, Bazooka dan Bos Audio “Maklum penulis belum punya kenalan importir produk jenis ini 🙂 ”

Kesimpulan

Car navigation system merupakan alat yang sangat membantu pengemudi untuk memilih jalan namun demikian, pengemudi juga harus sigap dan teliti dengan tidak hanya terpaku pada unit navigasi ini.

Setiap sistim navigasi yang di dalamnya memiliki atau support dengan teknologi WLAN dan Bluetooth wajib mengajukan sertifikasi SDPPI sebelum memasukan atau mengimpor barangnya ke Indonesia untuk memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku dan aman digunakan masyarakat Indonesia.

Demikian ulasan singkat tentang sistim navigasi mobil/otomotif, jika ada merek yang belum tertulis, silahkan ditambahkan melalui kolom komentar yang disediakan. Semoga bermanfaat untuk Anda.