Bisnis yang Menguntungkan dan Tidak Banyak Saingan

Apakah ada jenis bisnis yang menguntungkan dan tidak banyak saingan? Jawaban pendek saya adalah ada !.

Sebenarnya ide menulis dengan judul ini, akibat adanya pertanyaan dari seorang kawan. Dia berkunjung dalam kondisi finansial yang kurang baik. Diapun bercerita panjang lebar tentang kondisi keuangan dan bisnisnya.

Pada waktu itu, ada beberapa perubahan regulasi Negara yang membatasi nilai jual sebuah produk. Saya tidak akan menjelaskan jenis-jenis produknya. Dan saya juga tidak akan menjelaskan kelompok industrinya.

Saya tergelitik untuk menulis ini, karena menurut saya, memang sangat penting untuk diketahui banyak orang.

Saat pandemi berlangsung, tidak sedikit sektor usaha yang langsung terkena dampak. Perubaha pola kerja begitu cepat terjadi. Bekerja dari rumah waktu itu adalah pilihan terbaik.

Memang tidak ada pilihan. Dorongan pemerintah dilakukan dengan tegas, sebagai bentuk upaya untuk menghambat laju pertumbuhan virus covid-19.

Virus ini memang bertumbuh begitu deras. Bahkan ada masa yang sangat mengerikan. Iya. Ketika itu, mutasi virusnya dinamakan Varian Delta SARS-CoV-2. Ini beneran mengerikan. Kebetulan rumah tinggal saya di pinggir jalan besar, jadi tiap hari merasakan suasana yang mencekam.

Suara sirine ambulan setiap harinya melebihan kewajiban kita minum obat yang hanya maksimal 3 kali sehari. Hilir mudik suara ambulan itulah yang semakin membuat suasana kurang nyaman.

Boro-boro bisa bersilahturahmi ke saudara, bermain ke sebelah ruamahpun tidak ada yang berani. Saya lebih dari 2 tahun, bisa dikatakan tidak pernah keluar rumah. Serem.

Rambutku sampai panjang melebihi bahu. Pokoknya seumur-umur gondrong seperti Mpu Tong Bajil ya, pada saat ada pandemi Corona ini. Semua urusan perut, praktis banyak dilayani oleh fasilitas layanan online. Mungkin kalian juga melakukan hal yang sama.

Nah akibat adanya pembatasan manusia bergerak, tentu berdampak pula dengan kegiatan usaha dan ekonomi. Tidak sedikit bidang usaha yang mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah.

Pola ini berjalan lama. Satu, dua bulan berjalan baik, lama-kelaman jenis usaha tertentu tidak bisa bertahan. Iya lah. Tidak semua jenis usaha bisa dijalankan dengan remote. Itu faktanya.

Bisnis yang sebelumnya bisa bebas bergerak. Banyak cuan, tidak sedikit yang serta merta tutup. Tidak mampu membayar beban biaya operasional, karena tidak ada kegiatan.

Nah, salah satu teman saya juga kena imbasnya. Sebelum pandemi, usahanya bisa dikatakan bagus. Cuan lancar. Bahkan bisa membeli mobil baru. Wajar gonta ganti mobil. Wong banyak cuan.

Begitu kena pandemi enam bulan, yang tadinya merupakan bisnis yang menguntungkan, berubah jadi beban pemikiran.

Bisnis yang Menguntungkan & Tidak Banyak Saingan

Apa ada bisnis yang menguntungkan dan tidak ada saingan?
Apa ada bisnis yang menguntungkan dan tidak ada saingan?

Nah, dalam kebingungnya, dan kondisi pandemi sudah ada kebijakan kelonggaran, temanku berkunjung ke rumah. Main bersilahturahmi, sekaligus berdiskusi.

Dia bertanya, Mas. Saya ini sudah pusing gak karu-karuan saat ini. Gak produktif. Otakku buntu. Gak bisa mikir. Apalagi cari ide.

Ada gak sih ide bisnis yang menguntungkan saat ini ? Kalau bisa, jenis usahanya yang membutuhkan modal kecil dan tidak ada saingannya.

Sayapun nyengir kecut. Lah wong jelas-jelas basic dia sebelumnya adalah seorang pengusaha, kok nanyanya seperti orang yang tidak pernah menjadi pelaku usaha.

Sayapun menjawab. Ada !.

Dia spontan nanya balik, apa itu?

Sayapun jawab dengan datar. Jenis bisnis yang menguntungkan dan yang tidak banyak saingan, salah satunya adalah jualan layang-layang di musim hujan. Ini jelas salah satu jenis bisnis yang unik dan tidak banyak saingan. Cuma tidak ada yang bisa menjamin masalah cuannya…ha..ha..ha sayapun ngakak sekenanya.

Jelas jawaban saya tadi adalah jawaban candaan.

Dia langsung naikin intonasi. Gue serius bro!.

Aku jawab lagi, Lo serius? Ya kalau lo serius gue jawab serius nih. Lah mana ada bentuk bisnis yang menguntungkan tidak banyak saingan. Kadang-kangan lo.

Dia terdiam. Saya ngoceh terus kaya burung prenjak.

Logikanya bisnis yang banyak saingan itu adalah jenis bisnis / usaha yang terbaik. Dengan banyaknya kompetitor, menandakan bisnis tersebut sudah memiliki pasar yang jelas/pasti.

Dengan begitu, produk atau jasa kita pasti ada yang membutuhkan / menggunakan. Kita gak perlu repot menciptakan pasar sendiri. Lain cerita, kalau lo bisa menciptakan pasar sendir. Itu baru beneran cerdas dan keren.

Intinya, kita hanya perlu belajar meningkatkan kualitas produk dan layanan kita. Cari kekurangan dan kelemahan produk/jasa kita. Perbaiki secepatnya. Bila perlu produk/jasa kita jauh lebih baik dari pesaing kita. Itu baru keren.

Banyak persaingan itu anugrah yang luar biasa. Jangan Lo malah julid, gak suka kalau banyak kompetitor. Kalau Lo takut dengan persaingan, yaudah jangan jadi pengusaha.

Tetapi sesungguhya memang ada jenis bisnis yang menguntungkan dan tidak banyak saingan. Namun jenis bisnis ini yang menciptakan buka orang-orang kayak kita. Kita gak punya kekuasaan yaudah bukan di situ slotnya. Kita musti dan harus bisa bikin slot sendiri.

Video

Nah itu tadi kurang lebih gambaran diskusi saya dengan salah satu teman. Jangan berburuk sangka atas judul bisnis yang menguntungkan di atas. Saya berbagi agar siapapun yang membaca mendapatkan sedikit pemahaman. Kita tidak diwajibkan untuk menjadi pengusaha. Tetapi memiliki mindset pengusaha itu wajib.

Tinggalkan komentar