Blog Pekerja

Sertifikasi SDPPI & Kontraktor Kolam Renang

Cara Memblokir Web Melalui Modem Router

Cara Memblokir web (sebuah website) atau sebuah URL melalui ADSL Modem router tidaklah terlalu sulit, dan saya juga yakin bahwa artikel terkait hal ini sudah berserakan di mesin pencari baik itu google, yahoo, bing dan lain sebagainya.

Kalau saya hanya ingin bermaksud mencatat ulang apa yang sudah saya kerjakan beberapa detik yang lalu yaitu saya barusaja memblokir salah satu situs besar yaitu youtube agar tidak bisa dibuka diseluruh PC atau smartphone yang menggunakan koneksi Modem Speedy. Modem yang saya gunakan adalah TP-Link wireless N ADSL2 + Modem router.

Youtube adalah situs yang sangat populer dengan konten videonya dan youtube juga sangat membantu saya dalam bekerja sekaligus media  referensi juga banyak saya temukan di website youtube tersebut. Sehingga saya tidak memblokir youtube secara permanen 🙂

Kenapa saya memblokir youtube ?

Dua alasan saya kenapa saya perlu memblokir youtube secara temporary, dan alasan tersebut yaitu:

  • Alasan pertama, merupakan salah satu alasan yang paling simpel yaitu adalah agar saya bisa membatasi salah satu kesenangan anak saya untuk tidak terlalu sibuk (tidak berlebihan) dalam menghabisakan banyak waktunya hanya sekedar untuk menonton video di website youtube tersebut. Karena anak-anak jika sudah mulai nonton youtube, sulit sekali untuk dihentikan. Mereka lalai dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai anak dan pelajar jika sudah terbenam dalam kesenangannya. Sepakat atau tidak sepakat itu adalah alasan saya, jika pembaca merasa memiliki opini dan pendapat lain, ya monggo itu hak anda beropini 🙂
  • Alasan kedua, Kami di rumah menggunakan koneksi internet Speedy yang support wireless (ISP telkom speedy), koneksi tersebut juga kami gunakan untuk bekerja, Disadari atau tidak disadari ternyata jika diantara kami ada yang membuka situs youtube tersebut, ternyata pc dan atau perangkat lainnya seperti smartphone terpengaruh kecepatannya, saya merasakan jadi lambat dan sangat mengganggu ketika saya bekerja terlebih ketika saya sedang mengupload sebuah dokumen.

Jadi itulah dua alasan kenapa saya memutuskan untuk memblokir sementara websit youtube tersebut.

Bagaimana Cara Memblokirnya?

Seperti dalam pembukaan artikel ini, sebenarnya cara memblokir sebuah situs melalui modem ADSL teramat banyak berserakan di search result nya google, namun agar menjadi tambahan referensi pembaca, berikut ini adalah cara saya untuk memblokir situs tersebut.

login image

Pertama, saya klik dan buka Mozilla Firefox dan panggil default IP nya modem router tersebut, biasanya semua default IP modem itu sama yaitu http://192.168.11 setelah itu muncul menu untuk login karena seperti gambar disamping.

Karena saya belum pernah mengganti maka default usernam dan passwordnya masih bawaannya yaitu dengan username admin dan passwordnya juga admin.

Setelah berhasil login, langsung pilih menu :

URL filter image
  1. Access management
  2. Filter kemudian ada tampilan Filter Type Selection seperti gambar di samping dan kemudian silahkan pilih URL Filter, setelah itu isi url (doman website) yang akan di filter/diblokir

Setelah anda tulis url tersebut pada tempat yang sudah disediakan, jangan lupa klik save, maka domain website yang akan diblokir tersebut muncul seperti pada gambar di bawah ini.

access management image

Setelah itu silahkan coba buka situsnya untuk memastikan bahwa situs yang akan anda blokir, sudah benar-benar terblokir.

Demikian cara saya memblokir sebuah website melalui modem speedy TP-Link ADSL2 router.

Jika anda memiliki tambahan atau ingin melengkapi informasi bagamana cara memblokir sebuah situs, silahkan di share melalui komntar form yang sudah disediakan 🙂


Sertifikasi SDPPI © 2015