Skip to content

Evaluasi Di Penghujung Tahun 2008

Tidak terhitung karunia yang telah dilimpahkan oleh-Nya di tahun 2008. Melaui postingan ini, saya berharap bahwa ini adalah coretan sebagai ungkapan syukur saya kepada sang Pencipta.

Evaluasi ini sangat berarti bagi saya karena bukan hanya sekedar menjadi bahan pengingat, namun juga akan saya jadikan sebagai materi evaluasi di tahun berikutnya.

Inipun “jika masih diberi kesempatan” untuk resigned, jika masih dikaruniai umur panjang, ada fasilitas koneksi Internet.

Tonggak perjalanan bisnis type approval sebagai bisnis utama terealisasi sudah. Ini mulai efektif berjalan pada bulan April 2008. Dibantu adanya jasa warnet (warung internet) maka bisa dikatakan, saya membuka usaha akibat adanya memanfaatkan koneksi internet di tahun 2008.

Mohon maaf, jika publikasi ini baru bisa saya unggah di blog ini pada bulan Mei (setelah resigned). Berat sekali awalnya untuk memutuskan meninggalkan gaji pada posisi Assistant of General Manager di perusahaan kecil yang sedang berkembangan.

Rasa takut untuk tidak gajian itu ada, akan tetapi segera sirna ketika perusahaan besar berskala international menggadeng sebagai partner.

Luar biasa bahagia. Itu yang saya rasakan saat pertama layanan jasa yang saya tawarkan melalui media blog, mulai bisa melayani klien. Dengan adanya pelanggan, menjadikan saya dimampukan untuk memberikan fasilitas kendaraan operasional untuk mempermudah kinerja team.

Thanks to hari adik saya. Kalimat bijak untuk Anda, “jangan takut meninggalkan gaji”.

Lain dari itu, untuk semakin mengurangi rasa ketakutan “sudah tidak gajian”, saya memanfaatkan blog gratisan ini (sekarang berbayar) untuk berjualan usb modem CDMA dan hasilnya juga sangat memuaskan.

Setidaknya menurut saya. Saya baru dua kali posting mengenai usb modem cdma ini, kemudian laris manis terjual ke wilayah nun jauh di sana yaitu nunukan.

Hanya menulis kejujuran tentang barang yang saya jual di blog ini, penjualan terus berlanjut. Pembelian-pembelian itu bukan saja dari luar daerah, dari daerah jakarta dan sekitarnyapun makin berkembang.

Tidak tahu apakan ini yang namanya aplikasi blogshop yang pernah diulas oleh seorang blogger dari nias, atau ini hanyalah kebetulan belaka.

Maaf ini bukan area saya untuk tahu. “jadi jika Anda baru berenacana untuk resign (keluar dari tempat kerja) peperangan pertama yang wajib Anda lalui adalah Anda jangan pernah takut untuk kehilangan gaji. Teruslah berusaha untuk memberikan yang terbaik sesuai dengan kapasitas Anda.

Jangan pernah mengada-ada apalagi mencoba menipu kanan kiri untuk mensukseskan bisnis anda.

Anyway…

Saya masih punya mimpi untuk membuat narmadi.blogspot.com menjadi sebuah blog khusus untuk berinteraksi dengan sahabat blogger lainnya dan memiliki domain serta hosting berbayar sendiri.

Namun saya tidak memiliki waktu dan kemampuan untuk mengoprek theme dan design.

Jika sahabat blogger ingin menawarkan jasa untuk mewujudkan mimpi tersebut, silahkan kirimkan penawarannya melalui halaman kontak yang tersedia.

Lagi-lagi sayapun tidak tahu, apakah mimpi saya bisa terwujud atau tidak. Atau bahkan mimpi ini bisa dimasukkan dalam kategori postingan yang berbau kontes (ber anda-andai).

Ini merupakan bisikan. Mimpi para sahabat blogger yang sedang membangun mimpi untuk mendapatkan domain dan hosting berbayar.

Bersosialisasi:

Saya mengawali bersosialisasi dengan para blogger pada bulan Oktober 2008 dengan media YM dan ber chatting ria dengan jacky supit.

Wow..siapa yang gak kenal master yang satu ini?

Jika Anda tidak mengenal dia, itu berarti Anda jarang jalan-jalan he..he..he.. .

Bisa chattingan dengan Mas Jacky, saya baru benar-benar tahu kalau blogger senior itu tidak sombong. Akhirnya saya sangat mengagumi kekuatan dunia perbloggeran indonesia.

Jika saya mempunyai banyak waktu untuk berkunjung dan meninggalkan komentar, kegiatan ini ( bersosialisasi, komentar di blog orang lain) akan saya agendakan.

Setidaknya untuk menyisihkan 1 hari dari 7 hari beraktivitas koneksi internet. saya baru 5 hari dalam seminggu.

Saya tidak mampu untuk menguraikan secara detail tentang keuntungan bersosialisasi, karena saya memang tidak mencari untung dalam bersosialisasi.

Namun saya sangat yakin dengan bersosialisasi maka akan banyak sekali ilmu baru yang bertebaran di internet untuk dijadikan rujukan dalam mengais rejeki halal.

Sadar bahwa saya kurang paham dengan SEO (search engine optimization), maka untuk menggantikannya saya mengambil langkah yang mungkin bukan hanya SEO, tetapi berdampak kearah sana.

Jika Anda tidak setuju ya silahkan saja uraikan pendapat Anda melalui fasilitas komentar, Toh ini hanyalah evaluasi saya di Penghujung Tahun.

Berencana untuk lebih mengoptimalkan bersosialisasi “mudah-mudahan” setelah blog ini sudah menggunakan hosting berbayar mimpi itu bisa terwujud.

Karena apa ???

Saya sangat sadar bahwa paradigma tentang blog gratisan masih melekat kuat di benak para sahabat blogger yaitu bahwa blog yang gratisan kebanyakan memiliki konten dan tingkat keseriusan yang rendah padahal pemahaman itu tidak 100% benar.

Disadari atau tidak disadari merubah pemahaman orang banyak memang bukan perkara mudah. Oleh sebab itu saya harus mengambil langkah di tahun 2009 dengan sudah berdomain dan hosting berbayar agar lebih bisa diterima oleh para sahabat blogger dalam kegiatan bersosialisasi.

Andai saja belum terwujud, sayapun akan tetap berkunjung dan bersosialisasi he..he..he..

“Anda tidak perlu meniru langkah-langkah saya dalam mengevaluasi atapun agenda saya di tahun 2009. Ini murni hanya rencana saya pribadi.

Berbagi:

Begitu banyak sahabat blogger yang mengambil tema berbagi melalui blog dan mengaplikasikannyapun sangat beragam.

Postingan berbagi ini bukan karena saya mengharapkan penawaran dari zalukhu awards lho…tapi kalau kebagian ya lumayan lah.

Mengapa berbagi???

Kembali kepada falsafah leluhur para petani ” Sopo nandhur bakale ngunduh” apa yah bahasa indonesianya…..gini aja deh Kalau orang tua saya bilang jika kamu menanam kebaikan maka kebaikan itu akan mendatangi kamu.

Jika kamu tidak pernah menanam padi maka jangan berharap kamu bisa panen padi. (jangan di plesetin ya) Sebenarnya ini masih ada kaitannya dengan acara bersosialisasi di tahun 2008.

Saya yang sadar betul bahwa belum sukses bersosialisasi, akan tetapi tetap mencoba menerapkan konsep yang sudah terpikir lama untuk tetap menerapkan agenda agar bisa berbagi walaupun masih dengan cara sembunyi-sembunyi.

Dalam hal ini saya tidak berbagi tentang trik atau tips mendapatkan uang dari internet karena saya tidak memiliki kemampuan untuk itu, akan tetapi saya lebih mengarah kepada menghimbau dan mengingatkan untuk berhati-hati dalam menekuni bisnis apalagi tentang bisnis internet terkini.

Bisa diinternet saaat ini sangat mengerikan dan berpotensi berdampak buruk untuk bisnis internet Indonesia di masa yang akan datang.

Kembali, kenapa saya masih sembunyi-sembunyi dalam berbagi?

Ini adalah bagian evaluasi tentang blog ini.

# Blog ini ternyata masih sangat sepi pengunjung, sehingga jika judulnya tidak bombastis, isi atau konten tulisannya, belum tentu dibaca pengunjung [ini terbukti].

# Saya sadar akan kemampuan diri, sehingga tidak mungkin mengeluarkan dana melebihi kemampuan atau mengeluarkan biaya diluar anggaran yang sudah ditentukan. Dengan begitu saya belum berani untuk menulis secara terbuka tentang hal ini.

Note: untuk yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan “menghimbau” saya mengucapkan special thanks to sapimoto yang dengan iklas tidak mengharap imbalan.

Kemudian untuk kang benlahmen dan tongkonan saya memberikan sedikit tambahan $ segera saya transfer setelah tulisan ini saya publikasi.

Saya tidak publikasi kusus tentang pengumuman ini, karena secuil informasi ini sudah mewakili pengumumannya…he..he..

Pesertanya dikit malu euy.. Jadi jangan pernah memaksakan untuk berbagi hanya karena ingin wah saja…

Jika tidak diimbangi dengan kemampuan diri, maka hal ini bisa menjadi bumerang untuk Anda. Apapun bentuk atau metode berbagi anda.

Duh kok udah panjang banget yah…

The point of evaluasi di penghujung 2008.

1. Mengoptimalkan kekuatan blog untuk mendongkrak bisnis.

2. Segera membuktikan domain dan hosting berbayar.

Dua point sederhana yang sangat sulit untuk di lakukan di tahun 2009

kususnya point nomor satu. Bagaimana menurut anda?

eddited 060819