Pengertian Aeronautical, Istilah dan Singkatan Kata Terkait

# Definisi / Pengertian Aeronautical

Aeronautical yang kami maksud di sini adalah istilah yang terkait dengan perangkat dan alat telekomunikasi.

Namun tetap masih terkait dengan pengertian Aeronautics. Pengertian Aeronautics sendiri adalah cabang ilmu yang mempelajari, meneliti dan mengembangkan masalah-masalah penerbangaan udara.

Kembali ke pokok pembahasan …

Alat dan perangkat Komunikasi, Navigasi, dan Pengamatan Penerbang (Aeronautical) adalah semua perangkat prasarana penunjang operasional bandara yang berfungsi untuk komunikasi lalu lintas penerbangan (Komunikasi),
memberikan sinyal informasi berupa arah/bearing dan jarak pesawat terhadap ground station, alat bantu pendaratan pesawat terbang (Navigasi), serta mendeteksi dan mengetahui target (pesawat terbang) yang ada di sekeliling (Pengamatan).
Pengertian Aeronautical

# Singkatan Kata Terkait Aeronautical

DME: Distance Measuring Equipment
HF: High Frequency
ILS: Instrument Landing System
NDB: Non Directional Beacon
PSR: Primary Surveillance Radar
SSB: Single Side Band
SSR: Secondary Surveillance Radar
VHF: Very High Frequency
VOR: VHF Omni Directional Range

Istilah, Definisi Terkait Pengertian Aeronautical

  • Instrument Landing System / ILS adalah Alat bantu pendaratan instrumen (non visual) yang digunakan untuk membantu penerbang dalam melakukan prosedur pendekatan dan pendaratan pesawat di suatu bandara.
  • HF SSB Transceiver adalah Peralatan komunikasi yang digunakan untuk melakukan pertukaran berita penerbangan melalui suara (untuk koordinasi antar unit-unit ATS / Air Traffic Services), dalam bentuk Single Side Band.
  • Radio Link adalah  Suatu pemancar dan penerima dengan frekuensi yang berbeda sehingga komunikasi dapat berlangsung secara full duplex. Dalam system Transmisi dengan Radio Link, data awal dirubah oleh suatu interface / modem kemudian dimodulasikan ke pemancar dan oleh penerima diproses sebaliknya.
  • VHF A/G (AFIS, ADC, APP, ACC) : AFIS, ADC, APP dan ACC adalah unit Air Traffic Services, sedangkan alat yang digunakan sama saja Yaitu VHF atau VHF ER.
  • Primary Surveillance Radar (PSR) adalah peralatan untuk mendeteksi dan mengetahui posisi dan data target yang ada di sekelilingnya secara pasif, dimana pesawat tidak ikut aktif jika terkena pancaran sinyal RF radar primer. Pancaran tersebut dipantulkan oleh badan pesawat dan dapat diterima di sistem penerima radar.
  • Precision Approach Radar (PAR) adalah salah satu tipe radar yang didisain untuk menyediakan informasi vertical dan lateral pesawat sebagai panduan bagi pilot pada saat medekati bandara.
  • Secondary Surveillance Radar (SSR) adalah peralatan untuk mendeteksi dan mengetahui posisi dan data target yang ada di sekelilingnya secara aktif, dimana pesawat ikut aktif jika menerima pancaran sinyal
    RF radar sekunder. Pancaran radar ini berupa pulsa-pulsa mode, pesawat yang dipasangi transponder, akan menerima pulsa-pulsa tersebut dan akan menjawab berupa pulsa – pulsa code ke sistem penerima radar.
  • Multilateration adalah aplikasi pengamatan aeronautical dengan menggunakan metode perbadaan waktu kedatangan (Time Different of Arrivat) dari sinyal beberapa transponder yang ditempatkan di beberapa titik
    sekitar airport atau terminal yang mengirimkan data octal code, aircraft address, dan flight indentification.
  • Non Directional Beacon (NDB) adalah Fasilitas navigasi penerbangan yang bekerja dengan menggunakan frekuensi rendah (low frequency) dan dipasang pada suatu lokasi tertentu di dalam atau diluar lingkungan Bandar udara sesuai fungsi.
  • VHF Omnidirectional Range (VOR) adalah Fasilitas navigasi penerbangan yang bekerja dengan menggunakan frekuensi radio dan dipasang pada suatu lokasi tertentu di dalam atau di luar lingkungan Bandar udara  sesuai fungsinya.
  • Distance Measuring Equipment (DME) adalah Alat bantu navigasi penerbangan yang berfungsi untuk memberikan panduan / informasi jarak bagi pesawat udara dengan stasiun DME yang dituju (Stant range distance).

Demikian artikel singkat kami terkait dengan pengertian aeronautical, singkatan dan istilah yang terkait. Smeoga bermanfaat.