Blog Pekerja

Sertifikasi SDPPI & Kontraktor Kolam Renang

Standar Regulasi Pengujian Perangkat RFID

Standar Regulasi Pengujian Perangkat RFIDMudah-mudahan anda sudah membaca, mempelajari sehingga mengetahui cara sertifikasi perangkat Bluetooth yang sesuai dengan regulasi Indonesia yang sudah saya posting beberapa waktu yang lalu. Kali saya ingin menambahkan informasi tentang standar regulasi untuk pengujian perangkat yang masuk dalam kategori perangkat RFID.

Standar Regulasi Pengujian Perangkat RFID

Jika kita sudah paham bahwa Setiap perangkat telekomunikasi harus disertifikasi maka saya tidak akan mengulas berulang-ulang tentang dasar hukumnya. Yang jelas bahwa KM 10.2005 tentang tata cara sertifikasi perangkat saat ini sudah diperbaharui regulasinya dan regulasi terbaru saat ini mengacu kepada PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA NOMOR : 29 /PER/M.KOMINFO/ 09/2008 TENTANG SERTIFIKASI ALAT DAN PERANGKAT TELEKOMUNIKASI.

Kemudian sesuai dengan judulnya pada postingan kali ini saya menambahkan sedikit infomasi mengenai standar regulasi pengujian perangkat RFID. Adalah suatu keharusan agar setiap pengajuan sertifikasi perangkat kita disetujui, harus paham betul dengan regulasi untuk tiap-tiap kategori perangkat tersebut… sekali lagi…untuk menghindari gagalnya proses pengujian yang pastinya bisa berdampak terhadap gagalnya penerbitan sertifikat.

Untuk kategori perangkat RFID sebaiknya anda membaca terlebih dahulu paling tidak untuk mendapatkan gambaran apakah produk atau perangkat anda sesui dengan regulasinya. Karena produk andalah yang harus menyesuaikan dengan regulasi negara bukan regulasi negara yang harus menyesuaikan produk anda untuk bisa lolos dalam proses pengujian perangkat.

Dengan kata lain bahwa di setiap standar regulasi ada persyaratan teknis yang wajib dipenuhi agar bisa comply dan mendapat sertifikat dari Dirjen SDPPI.

Silahkan pelajari tentang spesifikasi teknis yang sudah saya informasikan pada blog yang lain tentang Standar Regulasi Pengujian Perangkat RFID. Harapanya semoga setiap pengajuan sertifikasi perangkat, anda bisa terhindar dari gagalnya salah satu proses.


Sertifikasi SDPPI © 2015