Slip Biru Benar – Benar Ampuh Saat Akan Ditilang POLISI

Kejadian tadi pagi sekitar jam 8:45, Saya kebetulan dianter adik saya ke kantor naik sepeda motor. Jarak rumah ke kantor kurang lebih 1-2 km, kebiasaan buruknya saya jarang menggunakan helm kalau dianter sama adik.

Pagi tadi kebetulan temen saya juga nebeng yang akhirnya kami “bertiga yang pakai helm cuman 1” saya sangat sadar bahwa hal ini tidak dibenarkan alias salah….

Tidak jauh dari Pekayon Mal tiba – tiba saya disetop dan langsung dimintai SIM dan STNK. Tetapi karena stnk yang bawa adik saya, maka saya menyempatkan untuk meminta stnk tersebut, Saya serahkan apa yang Bapak POLISI minta, “anehnya Beliau tidak menyelesaikan ditempat saya ditangkap”, malah saya disuruh mengikuti beliau. Pak Polisi hanya bilang “Ikuti saya” saya pun menuruti apa perintah Polisi.

Ternyata saya dibawa ke Warteg tepat di depan Komplek Perumahan Kemang Pratama dan langsung bertemu dengan Bapak Polisi yang lain “mungkin atasan” yang sedang merokok di dalam Warteg. (mungkin habis sarapan kali)

Tanya jawab Polisi pun Berlangsung.
Kurang lebih begini sih…

  • Polisi : “Selamat Pagi”
  • Saya : “Pagi juga Pak”
  • Polisi : katanya kamu tidak pakai helm “Beliau sambil menyiapkan foto kopian tentang pelanggaran dan nilai denda”.
  • Saya : saya memang bertiga yang pakai helm cuma satu, saya memang salah Pak.
  • Polisi : Ini pelanggaran yang kamu lakukan dan ini dendanya, kamu tahu kan!! “Beliau sambil menunjukkan apa yang Beliau Jelaskan.
  • Saya : Iya “saya menjawab sekenanya sambil menyalakan rokok LA dan dengan gaya yang kurang merespon kepada Polisi tersebut, karena saya tidak mau berlama-lama berdiskusi yang pokok permasalahannya sudah jelas”.
  • Polisi : Mengeluarkan buku “sepertinya surat tilang” mungkin Polisinya agak kecewa karena kata damai nggak keluar dari mulut saya, kamu ditilang aja yah!!! intonasinya polisi tersebut cukup tinggi.
  • Saya : “Saya MINTA SLIP BIRUNYA AJA DEH PAK”karena uang saya nggak cukup, saya cuman ngantongin uang Rp.20.000, nggak cukup kan Pak, buat mbayar uang damai….?
  • Polisi : Sama saja mau biru mau slip merah kamu tetap kena denda yang kebih besar, kamu kan tau tadi!!! satu orang nggak pakai helm Rp.75.000 kan?!!!
  • saya : masa sih pak…..?
  • Polisi : Jadi mau kamu apa..?!! “sepertinya tambah kesel polisi ini”
  • Saya : Maaf Pak, kan saya sudah mengakui kesalahan saya, jadi saya minta slip biru aja, biarin berapapun dendanya yang penting uangnya buat Negara.”orang – orang yang sedang sarapan di warteg sempat melihat – lihat saya, karena intonasi saya juga keras, saya sengaja melakukan ini paling tidak yang saya lakukan tentang ngotot untuk minta slip biru menjadikan pengalaman dan ilmu pengetahuan baru buat mereka kalau ditangkap polisi.
  • Polisi : Dengan nada tinggi Polisi itu memanggil teman – temannya yang berada di luar,masuk 2 orang dan bicara agak pelan, saya kurang begitu jelas apa yang mereka bicarakan, saya hannya mendengar ekor pembicaraannya emang masih berlaku yah di BRI slip biru itu? kemudian Polisi yang tadi duduk kembali sambil berbicara pelan kepada saya, kamu kalu bicara baik2 pasti kami bantu, jadi gimana nih maunya.
  • Saya : “Saya benar – benar sedang terburu – buru karena adik saya sedang mid test di LIA kalimalang“jadinya saya langsung saja bicara ke Polisi tersebut terserah Bapak deh karena dari tadi saya sudah bilang saya pegang uang 20.000 kalau Bapak mau ya silahkan saya juga nggak mau lama-lama, kalau nggak mau tolong segera saya dikasih slip birunya. roman muka polisi tersebut berubah karena intonasi saya lumayan keras. karena Polisi tersebut tahu bahwa jika dia memberikan slip biru Dia tidak mendapatkan uang sepeserpun maka Polisi tersebut segera meminta uang saya.
Walaupun saya kehilangan Rp.20.000 saya tetap senang hari ini, karena sudah membuktikan bahwa keampuhan slip biru yang pertama kali saya baca di milis tetangga, benar – benar bisa membuat mimik Polisi berubah, jadi kalo ditilang sekarang sudah punya senjata baru..He..he..he..

Tapi yang terpenting adalah “jika saja semua orang mau mengkapanyekan tentang slip biru ini saya yakin sekali praktek oknum yang gak jelas akan segera berkurang dan pendapatan pajak Negara naik…..”

Dari kejadian tersebut akhirnya saya berkeinginan untuk menginformasikan kepada Semua yang membaca tulisan ini agar:

  1. kesalahan saya tidak menggunakan helm tidak dicontoh.
  2. Kesalahan saya memberikan uang ke Pak POLISI jangan Dicontoh karena itu tindakan yang sangat bodoh yang saya lakukan, ini sama saja saya memberi peluang tetap memberikan praktek2 oknum polisi terus berjalan….padahal jika saya mau sedikit lebih keras dengan tetap ngotot minta slip biru mungkin uang 20.000 saya masuk kas negara dan bisa mengurangi praktek tersebut.
  3. Saya tetap menyarankan kepada siapapun yang membaca tulisan ini, jika Anda mengalami kejadian serupa MINTALAH SLIP BIRU sebagai tanda bahwa kita mengakui kesalahan kita. dan kita wajib membayarkannya ke Negara melalui Bank BRI.
Harapan saya Semoga yang membaca tulisan ini bisa menyebarluaskan…………….informasi tentang slip Biru ini agar bisa mengurang praktek2 yang nggak jelas……
Mari kita kampanyekan SLIP BIRUNYA……agar Oknum berkurang uangnya buat Negara aja. ….
Semoga bermanfaat.