Blog Pekerja

Sertifikasi SDPPI & Kontraktor Kolam Renang

Regulasi BWA 5GHz dampak terhadap Aplikasi Access Point

Murupakan regulasi yang paling ditunggu-tunggu oleh para produsen dan importir produk adalah terbitnya regulasi baru dari postel tentang Broadband wireless access 5GHz, Syukur alhamdulillah akhirnya regulasi ini terbit juga. Masih sangat segar, fresh from the oven, anget tapi bukan anget-anget tai ayam…he..he..”just kidding ah”

Regulasi BWA 5GHz ini diterbitkan sekitar pertengahan bulan Juli 2010 dan dikukuhkan dengan KEPDIRJEN No. 233/DIRJEN/2010.

Alat dan perangkat Broadband Wireless Access yang selanjutnya disebut BWA adalah perangkat telekomunikas yang digunakan untuk menerima dan mengirim sinya digital yang bekerja pada frekuensi 5.725-5.825GHz yang digunakan untuk keperluan Point to Point (PTP), Point to Multipoint (PTMP), Mes dan Any Point to Multipoint.

Untuk perangkat subscriber Station dapat bekerja secara dual mode pada frekuensi 2,4 dan 5,8, tetapi untuk perangkat Base Station hanya diperbolehkan bekerja pada frekuensi radio 5,8GHz.

Itulah cuplikan pada ketentuan umum regulasi BWA 5GHz tersebut. jika ingin tahu lebih lanjut tentang regulasi ini silahkan berkunjung di sini. sudah sangat jelas bukan ??? namun ada satu hal yang masih tetap menjadi pertanyaan bagi saya sebagai pekerja jasa ngurus sertifikasi Postel yaitu:

Jika perangkat suscriber boleh dual mode, kenapa perangkatnya sampel yang akan diuji untuk mendapatkan sertifikasi juga harus di locked to be 5.725-5.825GHz???
Padahal kan cuman subscriber…

Ah sudahlan itu hanya pertanyaan saya sebagai orang bodoh….yang penting tetap semangat terus mengikuti regulasi yang berlaku agar proses sertifikasi berjalan dengan lancar…amin


Sertifikasi SDPPI © 2015