Blog Pekerja

Sertifikasi SDPPI & Kontraktor Kolam Renang

Perubahan Regulasi Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi

Saya yakin ada sudah cukup familiar dengan permen no 29/PER/M/M.KOMINFO/09/2008 tentang regulasi sertifikasi alat dan perangkat telekomunikasi. Jum’at lalu kebetulan saya hadir dalam rangka pembahasan revisi permen tersebut di Hotel Jayakarta Bandung.

Kenapa Permen tersebut perlu direvisi ??? karena dianggap belum mengakomodasi ketentuan yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses sertifikasi alat dan perangkat telekomunikasi sehingga dipandang tidak sesuai lagi dan perlu diganti.

revisi permen 29 tahun 2008 image
Undangan Konsinyeering revisi Permen 29 tahun 2008

Saya tidak akan bercerita panjang lebar tentang pembahasan revisi permen tersebut akan tetapi ada poin-poin penting yang nantinya jika permen yang baru ini sudah diterbitkan akan ada dampak signifikan terkait proses sertifikasi alat dan atau perangkat telekomunikasi di Indonesia.

Perbahan-perubahan dari permen lama ke permen baru diantaranya :

  • Akan diterbitkan satu tipe sertifikat ,jadi kedepannya tidak lagi ada sertifikat tipe A dan sertifikat tipe B
  • Proses pengujian alat dan atau perangkat telekomunikasi yang dilakukan di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi akan dilaksanakan berdasarkan kategori kelas:
  1. Pengujian Kelas III (Kelas reguler) : Proses pengujian dan biaya pengujian sama dengan permen lama yaitu 21 hari kerja
  2.  Pengujian Kelas II (Kelas VIP) : Proses pengujian diberikan estimasi waktu sampai 15 hari kerja dan biaya pengujian 3X biaya pengujian reguler
  3.  Pengujian Kelas I (Kelas VVIP) : Proses pengujian diberikan estimasi waktu 0-5 hari kerja dan biaya pengujian 5X biaya pengujian kelas reguler

Kira kira dua poin penting itulah yang bisa saya informasikan sementara ini jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan silahkan kontak saya, saya akan berusaha menjawab sesuai dengan kapasitas saya.

Kemudian sebagai tambahan informasi bahwa, permen baru diperkirakan akan mulai berjalan di akhir November 2012 atau awal Desember 2012.

Semoga bermanfaat,


Sertifikasi SDPPI © 2015