Pengertian, Istilah, Singkatan HF, VHF dan UHF

Berikut di bawah ini adalah Pengertian, singkatan kata dan istilah kata yang terkait dengan bidang radio komunikasi HF, VHF dan UHF.

# Definisi

Radio Komunikasi HF, VHF dan UHF adalah alat dan perangkat komunikasi radio yang berfungsi sebagai pemancar/penerima (transceiver) yang bekerja dalam pita frekuensi HF, VHF dan UHF untuk keperluan stasiun-stasiun radio dalam dinas komunikasi radio teresterial (termasuk stasiun Amatir Radio dan Komunikasi Radio antar Penduduk) sesuai dengan daftar tabel alokasi pada pita frekuensi tersebut.

Dimana perangkat dimaksud antara lain diaplikasikan dalam bentuk perangkat bergerak (Handy Talkie) dan perangkat tetap (RIG).

Pengertian, Istilah, Singkatan HF, VHF dan UHF

Pengertian UHF sendiri berdasarkan wikipedia sebagai berikut:

VHF dan UHF

Ultra High Frequency (UHF) merupakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 300 MHz sampai dengan 3 GHz (3.000 MHz). Panjang gelombang berkisar dari satu sampai 10 desimeter atau sekitar 10 cm sampai 1 meter, sehingga UHF juga dikenal sebagai gelombang desimeter.

Gelombang radio dengan frekuensi di atas pita UHF adalah super high frequency atau frekuensi super tinggi (SHF) dan extremely high frequency atau frekuensi ekstrem tinggi (EHF). Sedangkan sinyal frekuensi yang lebih rendah termasuk ke dalam very high frequency atau frekuensi sangat tinggi (VHF).

Baca juga: PON

# Singkatan dan Kepanjangan Kata

Singkatan KataKepanjangan Kata
HFHigh Frequency
VHFVery High Frequency
UHFUltra High Frequency
AMAmplitude Modulation
FMFrequency Modulation
SSBSingle Side Band
TxlRxTransceiver/Receive
KHzKilo Heftz
MHzMega Hertz
rmsroot mean square
PTTPush To Talk
ACAlternating Current
RFRadio Frequency
dBDecibel
DCDirect Current
ppmpart per million
KRAPKomunikasi Radio antar Penduduk

# Perbedaan VHF dan UHF

Perbedaan antena VHF dan UHF pada dasarnya terletak pada ukurannya. Frekuensi UHF jauh lebih tinggi daripada VHF, jadi antena yang digunakan lebih kecil. Perbedaan transmisi VHF dan UHF hanya pada area frekuensi mereka berasal.

Kami akan terus berusaha untuk terus mengumpulkan data dan informasi tentang singkatan kata dan istilah agar kedepannya istilah dan singkatan kata dari kami memuaskan untuk semua pengunjung weblog ini.

Artikel tentang singkatan kata dan istilah teknologi khususnya pada bidang radio komunikasi HF VHF dan UHF ini jauh dari kata sempurna.

Untuk itu jika anda memiliki banyak informasi terkait bidang ini, silahkan tambahkan singkatan dan istilahnya melalu halaman contact page.

Dengan senang hati admin weblog ini akan menambahkannya.

3 pemikiran pada “Pengertian, Istilah, Singkatan HF, VHF dan UHF”

Tinggalkan komentar