lead Time, Procedure/Prosedur dan Perkiraan Waktu Normal Terbitnya Sertifikat POSTEL

lead TimeAbout Lead time and Procedures, Setelah memberikan contoh dokumen [Formulir P.M 4 & P.M 5] pada posting sebelumnya, maka untuk melengkapi informasi tentang Petunjuk/Tutorial Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi tersebut, pada saat ini saya ingin berbagi informasi mengenai prosedur dan perkiraan waktu pengerjaan sertifikasi sampai terbitnya sertifikat dengan proses yang benar.

Untuk informasi lebih tentang prosedur ini pernah dibahas dalam versi yang lain.

Gambar di samping merupakan bagan prosedur sertifikasi perangkat telekomunikasi yang diterbitkan oleh POSTEL.

Langsung saja pada penjelasannya:

Dari proses aplikasi sampai terbitnya sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Ditjen POSTEL.
Dasar – dasar tentang prosedur ini kebanyakan mengacu pada KM 10 th 2005.
  1. Aplikasi dimasukkan kebagian pendaftaran Lt.8 dan mendapatkan bukti pendaftaran [jangan lupa] dan diterbitkannya Surat Perintah Pembayaran untuk pengujian (SP2 Pengujian) perkiraan waktu normal sesuai prosedur kurang lebih 5 hari kerja.
  2. Setelah SP2 Pengujian dibayarkan, foto kopi bukti bayar dikembalikan ke POSTEL, mengenai hal ini seharusnya SP3 (Surat Pengantar Pengujian Perangkat) bisa langsung diambil namun sekarang ini ada proses waktu lagi sampai terbitnya SP3 kemungkinan hal ini dikarenakan banyaknya pengajuan sertifikat yang tidak melanjutkan sampai ke pengujian, jadi pihak postel mengambil kebijakan tersendiri untuk menghemat biaya dan untuk mengantisipasi penumpukan berkas [mungkin lhooo] kemudian Surat Pengantar Pengujian Perangkat (SP3) bisa diterbitkan waktu normal kurang lebih 5 hari kerja.
  3. Perangkat dibawa dan diserahkan ke Balai Uji POSTEL untuk proses pengujian sampai diterbitkannya Rekap Hasil Uji (RHU). Waktu normal kurang lebih 45 hari kerja.
  4. RHU dikirimkan kembali ke POSTEL pusat untuk dievaluasi. Waktu normal kurang lebih 10 hari kerja.
Mudah – mudahan informasi tersebut di atas bisa membantu anda dalam mensertifikasi perangkat telekomunikasi anda dengan proses yang resmi/normal.
Kesimpulannya untuk mendapatkan sertifikasi POSTEL melalui proses yang normal kurang lebih memakan waktu 65 hari kerja.

Lead time

Update: ***** lead time / prosedur tersebut di atas adalah lead time lama yang saat ini sudah tidak relevan lagi. Jadi jika anda ingin mengetahui tetnang berapa lama ngurus sertifikat POSTEL/SDPPI silahkan menghubungi saya.