Jangan Berikan Sesuatu Pada Polisi

Itulah statement dari Kombes Condro Kirono Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Dalam upaya kampanye damai 2009 membangun Polri yang bersih dan akuntabel beliau memohon kepada masyarakat untuk tidak memberikan sesuatu dalam bentuk apapun (uang/barang) kepada petugas. Informasi ini saya dapatkan dari koran merdeka 24 januari 2009. Menurut saya sebagai masyarakat biasa saya merasa sangat senang membaca kampanye damai 2009 informasi yang mempunyai nilai-nilai luhur pancasila.

Niat baik Bapak Kombes tersebut tidak akan berarti apa-apa dan tidak akan berdampak kepada siapa-siapa jika masyarakat dalam hal ini (khususnya pengendara kendaraan bermotor) dan petugas Polri dilapangan tidak memulai kesadarannya dari dirinya sendiri. Semoga dengan Himbauan Direktur lalu lints Polda Metro Jaya ini, pelaksanaan pasal 212 KUHP yang berdasarkan keputusan wakil ketua pengadilan tinggi DKI Jakarta No 697/pen.Pid/2005/PT.DKI tanggal 1 Oktober 2005 tentang tabel pelanggaran dan uang titipan bisa diterapkan dan dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Jadi kedepannya masyarakat tidak perlu negosiasi lagi untuk mendapatkan slip biru. dan mudah-mudahan kesadaran masyarakat juga makin membaik dengan tidak melakukan pelanggaran lalulintas agar praktek-praktek yang kurang baik bisa dihindari.

Untuk yang ingin melihat tabel harga silahkan klik gambar di atas namun sayangnya tidak lengkap karena tabel tersebut adalah lanjutan dari point-point di surat kabar Merdekayang diterbitkan pada tanggal sebelumnya dan saya tidak menemukan daftar sebelumnya. Saya mendukung terus kampanye damai ini dan juga kontes seo Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009. Semoga bermanfaat…