Blog Pekerja

Sertifikasi SDPPI & Kontraktor Kolam Renang

Desember Dan Januari Proses Sertifikasi Bakalan Akan Lambat

Sebagai informasi tambahan saja terkait kepengurusan sertifikasi , proses sertifikasi perangkat telekomunikasi yang pengajuannya dilakukan pada bulan Desember dan Januari kemungkinan besar penerbitan sertifikatnya akan menemui keterlambatan.
Begitu juga kenyataannya yang sudah saya alami, bahwa pada bulan tersebut ada beberapa klien saya yang prosesnya sudah melebihi dari target yang mereka berikan dan atau mengalami keterlambatan penerbitan sertifikat. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor yang sangat mempengaruhi proses tersebut.

Proses Sertifikasi

Menurut pendapat saya pada akhir tahun 2008 dan awal tahun 2009 terjadi beberapa perubahan regulasi yang disadari atau tidak disadari berdampak langsung terhadap proses kepengurusan sertifikasi. seperti yang kita ketahui bersama adanya ketentuan baru dalam penentuan tarif biaya pengujian perangkat [SP2 Pengujian] dan perubahan tarif baru biaya penerbitan sertifikat [SP2 Sertifikat].
Namun yang paling mempengaruhi (menurut saya) terhadap penerbitan sertifikat selain hal tersebut di atas adalah setiap bulan januari salah satu perangkat pengujian yang berada di Balai Pengujian Perangkat masa berlaku kalibrasinya akan expired jadi harus melakukan perpanjangan di setiap awal tahun untuk di tera ulang perangkatnya, hal ini tentu akan berdampak langsung terhadap proses pengujian perangkat. Jadi jangan kaget kalau terjadi keterlambatan dalam kepengurusan sertifikasi perangkat…

Dua alasan tersebut adalah pendapat saya kenapa proses sertifikasi lambat jadi mungkin saja pendapat tersebut bisa berbeda dengan pengalaman anda dalam pengajuan sertifikasi.

Atau…mungkin ada yang punya pendapat lain terkait proses sertifikasi perangkat…???
Silahkan Di share melalui fasilitas komentar…


Sertifikasi SDPPI © 2015