Cukang Taneuh

Ada yang tau Grand Canyon di Amerika? Atau kalian sudah punya planning berlibur kesana tapi terkendala karena jarak? Jangan kecewa, guys.. Indonesia juga punya Green Canyon alias Cukang Taneuh yang tidak kalah cantiknya lho..

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Sebenarnya, Green Canyon Indonesia memiliki nama asli yaitu, Cukang Taneuh yang mempunyai arti “Jembatan Tanah”.

Karena diatas lembah dan jurang Cukang Taneuh terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani untuk menuju perkebunan mereka.

Cukang Taneuh terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus goa dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan, menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang untuk di jelajahi.

Nama Green Canyon itu sendiri di populerkan oleh seorang warga yang aslinya berkewarganegaraan Perancis pada tahun 1993.

Green Canyon Indonesia - Cukang Taneuh

Green Canyon Indonesia

Tempat wisata yang sangat populer ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ±31km dari Pangandaran. Untuk mencapai tempat ini, anda harus menyewa sebuah perahu kayuh dari dermaga Ciseureuh. Sepanjang perjalanan menuju Cukang Taneuh, anda akan terpesona oleh warna tosca yang berasal dari jernihnya air sungai.

Kebayang dong betapa indahnya berpetualang disini? 🙂

Tapi kalian harus pintar-pintar juga nih memahami musim yang baik untuk datang ke Cukang Taneuh. Musim terbaik untuk berpetualang ke Cukang Taneuh yaitu setelah musim kemarau, jangan datang ketika musim hujan ya, karena  deras sungai dan aliran air akan berubah menjadi warna cokelat.

Ketika anda sudah merasakan aliran air yang deras, berati kalian sudah siap untuk berpetualang di Green Canyon Indonesia. Bagi anda yang memilih untuk berenang, Cukang Taneuh juga menyediakan ban dan pelampung.

Dan biasanya petualangan anda akan di pandu oleh pemilik perahu yang anda tumpangi sebelumnya. Jadi petualangan anda akan sangat aman..

Bagaimana? Masih tetep penasaran dengan Cukang Taneuh? Langsung saja saya berikan map untuk menuju Cukang Taneuh..

Semoga ulasan singkat mengeni Green Canyon ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin berpetualang. Selamat berpetualang :=)

Guess posted by Asti